Pagerank Status: SEO Tools Ringan & Lengkap untuk Chrome

SEO Tool Bar untuk Blogger/Webmaster

Tidak ada pekerjaan rutin seorang Blogger yang memiliki porsi sama besar dengan menulis konten; kecuali satu hal: mengecek kondisi dan perkembangan blog; baik dari Segi SEO,traffic, aktivitas social media, dan bahkan pendapatan. Seberapa jauh perkembangan traffic blog menurut Alexa? Bagaimana keadaan pengunjung blog saya? Apakah optimasi SEO yang saya lakukan sudah tepat? dan masih banyak lagi. Bener gak?

Nah, dalam kaitan dengan perkembangan SEO dan sebangsanya, kita biasa mengandalkan berbagai tool online; baik berupa SEO tools lengkap dengan berbagai analisis keyword, struktur web/blog (onpage SEO), backlink maupun traffic (alexa rank, layanan statistik traffic, dll). Dari beberapa tool tersebut ada yang efektif, tapi ada pula yang mengharuskan kita membuka halaman demi halaman, web demi web, sehingga aktivitas analisis menjadi kurang efisien. 

Sepertinya kurang efisien dan baik juga jika anda menggunakan berbagai layanan SEO Tools untuk melihat statistik dan SEO web/blog pesaing. Meninggalkan jejak analisis pada web/blog pesaing sepertinya kurang etis. Saya seringkali melihat incoming links yang datang dari iwebtool hingga puluhan jumlahnya, biasanya dari halaman backlink checker. Ini menandakan bahwa web/blog anda sedang "dimata-matai".

Beberapa blogger kemudian menggunakan tools yang terintegrasi dengan browser, misalnya SEOQuake dan wadyabala-nya. Saya pun pernah menggunakan SEOQuake, tapi seiring proses penggunaannya, saya justru merasa terlalu ribet, sebab ada proses-proses yang cukup berat, menghalangi pandangan, tidak bisa melihat tampilan seperti wajarnya seorang pengunjung, dan tidak butuh fitur sebanyak itu. 2 tahun yang lalu, semenjak menggunakan Chrome, saya menemukan sebuah ekstensi (atau AddOn dalam bahasa Firefox) yang disebut Pagerank Status, buatan chromefans.org. Dari semua ekstensi Chrome yang dibuat oleh ChromeFans, ini yang paling lengkap, sebab mencakup semua ekstensi.

Tampilannya masih cukup sederhana pada waktu itu; hanya menampilkan beberapa hal penting seperti Google PageRank, Alexa rank, dan beberapa informasi sederhana lainnya. Oleh karena itu, membicarakan toolbar ini 2 tahun lalu tampaknya akan terlihat biasa-biasa saja.

Tapi yang menakjubkan, selama dua tahun menggunakan Pagerank Status Toolbar, terjadi puluhan kali update otomatis hingga ke tampilan dan fungsi yang kini sangat kaya! Saya merasa sangat senang sebab ada banyak informasi tambahan penting yang saya butuhkan tanpa harus beranjak ke website layanan tertentu. Lihat saja hasil evolusi Chrome SEO Toolbar ini dalam beberapa screenshot-screenshot berikut:
SEO statistics - buka-rahasia.blogspot.com
Tab SEO stats: anda bisa cek pagerank, alexa, quancast. compete, arsip web (Google, Archive.Org), jumlah indeks di beberapa search engine, dan jumlah backlink, termasuk akses jumlah backlink ke Site Explorer
Site Info - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Site Info: Anda bisa melihat informasi dan akses ke WhoIs, name server (jika menggunakan self hosted web/blog), Informasi wilayah berdasarkan IP, dan yang terpenting adalah jumlah share ke social media (Facebook, Twitter, Google+). Terdapat juga informasi keberadaan robots.txt, sitemap.xml, dan akses ke BuildWith.
Page Info - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Page Info: Di bagian ini anda bisa melihat berbagai informasi meta, struktur HTML, teks, jumlah teks, dan berbagai analisis lainnya pada halaman yang sedang dikunjungi.
Page Speed - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Page Speed: Di bagian ini anda bisa melihat kecepatan load pada halaman yang sedang dikunjungi (berdasarkan pengukuran Alexa), melihat apakah ada redirect, kecepatan koneksi, request, respon, dan segala hal lain berkaitan dengan loading. Ada tombol ping tool di bawah, untuk menuju halaman test ping. Ingat ping di sini bukan ping Search Engine, tapi ping respon IP dari seluruh dunia.
Web and SEO Tools - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Tools: Terakhir, di bagian ini ada shortcut menuju berbagai layanan SEO Tools dan Analisis Web, seperti ke Google Webmaster Tools, Bing Webmaster Tools, Yandex Webmaster Tools, Google Keyword Tool, dan masih banyak lagi.
Jika anda menggunakan Chrome, dan tertarik menggunakan Pagerank Status, segera unduh dan install melalui halaman Pagerank Status Toolbar.

Share this article :

+ comments + 2 comments

June 12, 2013 at 11:16 PM

Visit back http://hahihuheho123.blogspotcom

June 13, 2013 at 12:20 AM

Oke Gan ...

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dirty Conectionn.Indonesi4.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger